Seni Tanpa Batas - SERASI

Selasa, 01 Mei 2018

Seni Tanpa Batas

Pengunjung yang hadir di Pameran Ragam seni lukis Pang! No Border, No Class” pada Senin (30/4).

JakartaSerasiPameran bertajuk ”Pang! No Border, No Class”, di Galeri Cipta 3 Taman Ismail Marzuki, Jakarta, dari hari Rabu (18/4) sampai Senin (30/4). Acara ini dimeriahkan oleh beberapa seniman antara lain Komunitas Taring Babi, fotografer Refi Mascot, Amien Kamil, dan Band Marjinal.

Pameran ini digagas oleh Komunitas Taring Babi yang ingin bersuara melalui penggabungan karya seni dalam berbagai bentuk. Karya seni yang di tampilkan seperti fotografi, seni instalasi, seni lukis, seni mural, dan lainnya.

Salah satu seni fotografi dari Refi Mascot yang dipajang pada pameran Pang! No Border, No Class” pada Senin (30/4). 

Konsep No Border, No Class (tanpa batas, tanpa kelas) diambil untuk menunjukan bahwa dikehidupan bermasyarakat tidak ada batasan ruang atas keberagaman manusia. Batasan tersebut akan membuat manusia makin terpuruk.

Maksud dari konsep ini adalah dengan melawan batasan yang ada, maka tidak akan ada perilaku membeda-bedakan kelas antar sesama manusia. Kehidupan tanpa batas yang dimaksud adalah membuka diri dan mau belajar dari orang lain.

Mike Marjinal sedang memberikan orasi ke pengunjung pada acara penutupan pameran Pang! No Border, No Class” pada Senin (30/4). 

Komunitas Taring Babi merupakan perkumpulan anak-anak punk yang menampilkan belasan seni lukis dan seni rupa dalam pameran ini. Taring Babi ini berdiri sekitar awal tahun 1997 pada sebuah acara yang ingin menjatuhkan rezim pada saat itu.

Refi Mascot adalah seorang fotografer Indonesia yang sekarang menetap di Australia juga memamerkan berbagai macam hasil karya fotografi. Fotografer yang identik dengan rambut panjangnya ini menampilkan foto yang bertemakan keadilan sosial sedangkan Amien Kamil seorang penyair sekaligus seniman instalasi menampilkan berbagai macam seni lukis dan seni instalasinya. Pria yang memiliki rambut gimbal panjang ini tampil dengan penuh semangat saat acara dimulai.

Total ada puluhan karya yang ditampilkan dalam pameran “Pang! No Border, No Class”. Bob Marjinal menyumbang 7 hasil karya, Amien Kamil dengan 14 karya, Mike Marjinal lewat 9 karya, dan Revi dengan 8 hasil fotografinya. Semua karya tersebut telah melalui kurasi oleh Tommy F Awuy.

Peliput, Penulis, dan fotografi: M. Lukman Pabriyanto
Penyunting : Nurnafisah

Tidak ada komentar:

Cool Yellow Pointer Glitter

@way2themes

New Year Coloful Party Ballons