Kampung Pelangi Semarang - SERASI

Kamis, 17 Mei 2018

Kampung Pelangi Semarang

Rumah dan jalanan dihias dengan berbagai lukisan dan payung guna mempercantik Kampung Pelangi Semarang.

Semarang, SerasiTempat wisata di Semarang semakin bertambah dengan objek yang unik dan menarik, salah satunya adalah keberadaan Kampung Pelangi. Salah satu objek wisata ini bahkan sampai menarik perhatian dan dimuat media internasional.




Berbagai lukisan menghiasi dinding Kampung Pelangi, seperti lukisan tokoh pewayangan ini.

Media asing yang ramai membicarakan Kampung Pelangi ini membuat Kota Semarang lebih dikenal dunia. Sebutlah media Inggris, The Independent dan Mirror hingga situs konten media sosial seperti BuzzFeed dan BoredPanda.

Lokasi Kampung Pelangi Semarang ini berada persis di tepian sungai dengan total 300-an rumah. Tepatnya berada di Jalan Dr.Soetomo, Kelurahan Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Tak hanya dinding dan hiasan rumah, tetapi kursi dan meja pun diwarnai seperti pelangi.

Sebelum terkenal, Kampung Pelangi Semarang ini mempunyai nama asli Kampung Brintik. Kampung ini mampu disulap oleh pemerintah daerah menjadi kampung yang berwarna-warni seperti saat ini.

Para wisatawan Kampung Pelangi Semarang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berfoto atau berswafoto dan mengunggahnya dimedia sosial. Sesuai dengan namanya, yaitu Kampung Pelangi Semarang, tempat wisata ini mempunyai warna yang beraneka macam layaknya pelangi.

Jembatan di perkampungan ini menjadi salah satu tempat favorit untuk berfoto.

Warna-warni ini menjadi ciri khas dari lokasi wisata ini, walaupun konsep kampung warna-warni ini bukan yang pertama kali di Indonesia. Beberapa daerah yang sudah menerapkan konsep serupa kampung pelangi ini misalnya Kabupaten Malang, Balikpapan dan Lubuklinggau.

Setyaningsih, warga kampung, mengatakan perubahan ini menguntungkan bagi ekonomi keluarganya. “Kampung ini jadi ramai setelah direnovasi pemerintah daerah. Dulunya saya tidak jualan, sekarang dengan adanya wisatawan saya jadi jualan.”

Suasana warga yang bercengkrama di jembatan.

Andika, warga Semarang yang berkunjung ke kampung pelangi mengatakan bahwa ia senang dengan bertambahnya objek wisata kekinian.”Kampung ini sangat mempesona di tengah kota Semarang. Cocok sekali bagi anak muda yang gemar berfoto serta memberikan hiburan tersendiri,” kata Andika.

Peliput, Penulis dan fotografi : M. Lukman Pabriyanto
Penyunting : Nurnafisah

Tidak ada komentar:

Cool Yellow Pointer Glitter

@way2themes

New Year Coloful Party Ballons