Wisata Candi di Semarang - SERASI

Kamis, 17 Mei 2018

Wisata Candi di Semarang

Gerbang masuk menuju kawasan Candi Gedong Songo, Bandungan, Jawa Tengah.

Semarang, SerasiCandi Gedong Songo merupakan beberapa candi yang membentuk sebuah komplek percandian peninggalan agama Hindu. Lokasi candi ini di desa Candi, kecamatan Bandungan, Jawa Tengah.

Komplek percandian ini berada diketinggian 1200 meter di atas permukaan laut, tepatnya di kaki Gunung Ungaran dengan suhu sekitar 19° – 27° Celcius. Letaknya 15 km dari kota Ambarawa dan 45 km dari kota Semarang.


Di tempat ini disewakan tunggangan kuda bagi pengunjung yang ingin berkeliling tanpa merasa lelah. Saat memasuki area candi, di sisi kanan terdapat penjual cendera mata khas Candi Gedong Songo yang harganya tergolong murah.

Pengelompokan candi ini dibagi menjadi lima yakni Candi I sampai V yang jarak setiap candinya lumayan jauh. Tiap candi memiliki beberapa karakteristik berbeda antara lain.

Candi Gedong I

Wisatawan sedang berfoto di depan Candi Gedong I.

Candi Gedong I ini merupakan salah satu candi yang terbentuk utuh di antara candi-candi lainnya di komplek candi Gedong Songo. Karakteristik pada candi ini adalah kaki candi terdapat hiasan berupa pahatan relief sulur dan pahatan bunga atau Padma di sekelilingnya.

Candi ini berbentuk persegi panjang, ukurannya tidak terlalu besar, dan berdiri menghadap ke arah Timur. Di bagian luar hanya terlihat polos tanpa hiasan relief, hanya pahatan bunga sederhana seperti bingkai kosong di tengahnya.

Candi Gedong II

Suasana di sekitar Candi Gedong II yang tak jauh beda dari Candi Gedong I.


Sama halnya dengan Candi Gedong I, bahwa Candi Gedong II berupa sebuah bangunan candi yang utuh. Karakteristik dari Candi Gedong II ini adalah terdapat hiasan pahatan Kalamakara yang menjorok keluar sepanjang 1 meter dan candi menghadap ke arah Timur.

Di bagian luarnya terdapat relung atau ceruk kecil yang terdapat sebuah arca, relung tersebut dihiasi dengan 2 kepala naga. Juga terdapat pahatan pola kertas tempel di masing-masing relung.

Candi Gedong III

Penampakan Candi Gedong III.

Berbeda halnya dengan Candi Gedong I dan II, bahwa Candi Gedong III ini terdapat 3 buah bangunan candi besar. Karakteristinya adalah Candi kecil di depan kedua candi utama fungsinya sebagai tempat penyimpanan.

Candi berada sederet menghadap Timur dan terlihat serupa, namun satu di antara kedua candi itu tampak lebih besar dan itu adalah candi utamanya dan candi di sampingnya berfungsi sebagai Candi Perwara. Kedua candi tersebut bentuknya seupa dengan Candi Gedong II, sedangkan 1 candi yang lebih kecil menghadap Barat.

Candi Gedong IV

Penampakan Candi Gedong IV yang dikelilingi oleh batu bekas reruntuhan candi sebelumnya.

Candi ini merupakan sebuah candi besar yang dikelilingi oleh beberapa reruntuhan candi kecil yang merupakan candi Perwara. Karakteristik pada Candi Gedong IV adalah Candi ini serupa dengan Candi Gedong II dengan batu setinggi 1 meter dan selasar yang mengelilingi seluas setengah meter dan candi ini menghadap ke arah Timur.

Terdapat tangga di pintu masuknya dan di pintu tersebut terdapat bilik penampil tanpa arca yang menjorok sepanjang 1 meter. Di bagian luarnya juga terdapat bilik penampil dengan relung yang berisi arca namun sudah rusak.

Candi Gedong V

Bentuk  Candi Gedong V yang posisinya berada paling atas dari candi lainnya juga menjadi tempat foto wisatawan.

Candi Gedong V ini serupa dengan Candi Gedong IV yaitu merupakan bangunan utama yang besar dan beberapa reruntuhan candi Perwira yang mengelilingi candi utama. Karakteristik dari Candi Gedong V adalah bahwa bangunan utama pada Candi ini juga menyerupai Candi Gedong II.

Candi Gedong V terdapat Arca Ganesha yang duduk bersila pada beberapa relung di sisi luar candi utama. Area candi ini lumayan luas dengan beberapa candi yang sudah runtuh di sekelilingnya. Lokasi candi ini paling atas atau yang terakhir daei pengelompokan Candi Gedong Songo.

Tersedia pula tempat jual beli oleh-oleh khas Candi Gedong yang diperjualbelikan.
Sebelum pintu keluar, terdapat kios-kios yang menjual pernak-pernik khas daerah ini. Kios ini menjual pernak-pernik dengan harga terjangkau.


Peliput, Penulis, dan fotografi : M. Lukman Pabriyanto
Penyunting : Nurnafisah

Tidak ada komentar:

Cool Yellow Pointer Glitter

@way2themes

New Year Coloful Party Ballons