5 Makanan Legendaris Jakarta - SERASI

Selasa, 08 Mei 2018

5 Makanan Legendaris Jakarta




JakartaSerasiKelezatan kuliner di Jakarta memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Apalagi kuliner Jakarta merupakan perpaduan dari berbagai budaya salah satunya Tionghoa, Arab dan Bugis. Di berbagai daerah Jakarta banyak sekali makanan yang sudah lama dikenal bahkan ada yang sudah eksis dari zaman penjajahan. Untuk itu berikut ini adalah beberapa tempat makan yang menyajikan makanan yang sudah ada dari zaman dulu.


1. Ragusa Ice Cream Italia


Toko es krim Ragusa tampak depan, Jl. Veteran I No. 10, Jakarta Pusat.


Ragusa Es Italia adalah toko es krim yang berdiri sejak tahun 1932 di Batavia. Produk es Italia yang dijual ditoko ini menggunakan bahan dasar susu sapi segar sehingga menghasilkan es krim dengan tekstur yang lembut dan tidak menggunakan bahan pengawet. Ragusa didirikan oleh dua orang berkebangsaan Italia yang bernama Luigie Ragusa dan Vincenzo Ragusa. Mereka datang ke Batavia pada tahun 1930-an untuk belajar menjahit di daerah Jakarta Pusat. Luigie dan Vincenzo mulai menjual es krim mereka di Pasar Gambir (Jakarta Fair) sejak tahun 1932. Namun karena tempat tersebut hanya ramai setahun sekali, mereka membuka kafe di Citadelweg (sekarang Jalan Veteran I no. 10), Jakarta Pusat pada tahun 1947. 

Suasana di dalam kedai es krim Ragusa ini membuat kita kembali ke masa lampau hal ini dapat dilihat dari banyaknya lukisan jadul mengenai sejarah berdirinya Ragusa bahkan enurut Rekor Muri Ragusa ini menjadi kesai es krim tertua yang masih beroprasi di Indonesia. Disediakan meja dan kursi rotan yang menambah kesan klasik saat menikmati es krim, namun pengunjung yang ingin menikmati es krim harus bersabar karena kesai ini selalu ramai sehingga pengunjung harus menunggu giliran untuk mendapatkan tempat duduk. 

Spagetti es krim salah satu menu andalan dari toko es krim Ragusa.


Ragusa memiliki empat (4) varian rasa es krim yang dijual diantaranya Regular Flavored, Premium Flavored, Mixed Flavored, dan Fancy Flavored. Selain es krim juga di sediakan berbagai minuman dan cemilan pendamping untuk menyantap es krim. 

Harga : Jl. Veteran I No. 10, Gambir, Jakarta Pusat
Telpon : 021 3849123 , 021 3501741
Jam buka : Senin - Jumat (10:00 - 22:30), Sabtu (10:00 - 23:00), Minggu (10:00 - 22:30)
Harga : Rp15.000 - Rp30.000

2. Gado-gado Bonbin


Gado-gado Bonbin adalah salah satu gado-gado legendaris di Jakarta

Bon Bin berasal dari singkatan kebon binatang karena dulu bernama Jalan Kebon Binatang sebelum berubah menjadi Jalan Cikini IV No. 5 Jakarta Pusat dengan telepon (021) 3141539 dan buka mulai jam 10 pagi hingga jam 5 sore. Restoran ini berdiri sejak tahun 1960 dan tidak membuka cabang dimana pun.

Bukan hanya orang Indonesia, banyak orang asing terutama dari Jepang datang ke sana menikmati makanan asli Betawi ini yang tak pernah bosan kalau sudah pernah sekali saja kita cicipi.
Semua bahan dibelinya di pasar sejak pagi hari, dimasak, digoreng disiapkan dan jam 10 pagi barulah membuka restoran, serta langsung ramai dipesan orang untuk makan siang. Meski lelah, Hadin penjual gado-gado bonbin, bersyukur karena mendapat kepercayaan dari banyak orang yang tetap selalu setia membeli gado-gado dan asinannya hingga kini.

Ciri khas gado-gado Bonbin adalah bumbu kacangnya yang unik dan berbeda.


Saat kita memasuki tempat makan suasana zaman dulu sangat terasa tempatnya yang memang sedikit remang menambah kesan vintage pada tempat ini. Selain itu kebersihan tempat juga sangat di jaga oleh pemiliknya karena tidak ada satu pun lalat yang masuk ke dalam. Nah di Gado Gado BonBin ini kita bisa mecoba makanan lain seperti asinan, mie baso, nasi rames, lontong cap gomeh, es dawet, es kelapa muda, dll.

Alamat : Jl. Cikini IV No. 5, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat
Telpon : 021 3141539
Jam buka : Senin - Minggu (10:00 - 17:00)
Harga : Di bawah Rp50.000 per orang

3. Soto Betawi H. Ma'ruf


Suasana Rumah makan yang selalu ramai.


Rumah Makan Soto Betawi H. Ma’ruf berdiri sejak tahun 1940 lalu di kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM) di bilangan Cikini, Jakarta Pusat. Warung ini tidak hanya menyajikan soto, tapi juga sate kambing. Yang istimewa dan menjadi favorit pengunjungnya adalah sajian khas soto Betawinya. Salah satu khas soto Betawi adalah menggunakan daging dan jeroan sapi – bukan kambing. Daging dan jeroan sapi ini harus digoreng terlebih dahulu, kecuali babat dan usus. Daging dan jeroan ini sebelumnya sudah direndam di dalam kuah soto baru kemudian digoreng hingga garing. Yang membuat soto betawi ini berbeda dengan yang lain adalah paruh gorengnya yang tetap garing tetapi lembut dan tidak alot saat dikunyah meskipun sudah terendam dengan kuah soto. Selain itu semua hidangan yang disajikan tidak menggunakan MSG loh jadi sehat dan aman untuk dikonsumsi. 

Soto Betawi menjadi menu favorit para pengunjung.


Warung soto betawi ini tidak sulit untuk ditemukan karena bangunannya yang khas yaitu berupa rumah kebaya yang merupakanrumah adat Jakarta. Suasana didalam warung juga terjamin kebersihannya dilengkapi dengan pendingin udara sehingga pengunjung nyaman untuk menyantap hidangan. Selain soto betawi juga ada berbagai menu lain yang dijual diantaranya sate, laksa betawi dan aneka minuman.

Alamat : Kompleks Taman Ismail Marzuki. Jl. Cikini Raya No. 73, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat
Telpon : 021 3148817
Jam buka : Senin - Minggu (10:00 - 20:30)
Harga : Mulai dari Rp25.000

4. Mi Ayam Gondangdia


Mi ayam Gondangdia memiliki tempat makan di luar ruangan.


Pada bulan Desember 2014 lalu, kedai mi ayam yang sudah berdiri sejak tahun 1968 dan memiliki banyak pelanggan ini diluluhlantakkan oleh si jago merah. Tak heran berita mengenai kebakarannya kedai mi ayam tersebut cukup membuat heboh jagad sosial media. Maklum, sudah sekitar 4 dekade bertahan dengan resep tradisional turun temurun Toe Wah Seng dan Lim Kwi Fong dengan rasa yang tidak pernah berubah dari tahun ke tahun, tentunya kedai ini sudah memiliki pelanggan tetap yang setia dan tidak gentar oleh gempuran kedai-kedai mi modern yang banyak bermunculan.

Mi ayam Gondangdia saat ini berpindah lokasi ke Jl. Cikini IV No. 12 A Jakarta Pusat. Tidak heran, pada jam-jam makan siang jalanan sekitar kedai tersebut selalu dipadati oleh mobil-mobil para pekerja yang berkantor di wilayah Jakarta Pusat untuk menikmati makan siang yang berkualitas di dua kedai legendaris tersebut. Banyak juga pengunjung yang berusia lanjut datang bersama anak dan cucu mereka untuk sekedar bernostalgia dan mengenalkan makanan favorit mereka di masa muda pada anak cucunya.

Pengunjung dapat menikmati semangkuk mie ayam komplit seharga Rp40.000


Lokasi yang strategis, luas, dan juga mudah untuk dijumpai membuat para pengunjung tidak perlu kesulitan untuk mencicipi mie ayam yang sudah terkenal dengan kelezatannya ini. Tekstur mie tipis dan lembut dengan topping ayam dan jamur disajikan bareng bakso dan pangsit rebus, juga ditambah dengan semangkuk kecil kuah kaldu ayam akanembuat kita ketagihan. Disediakan juga tempat makan di dalam dan di luar ruangan.

Alamat : Jl. Cikini IV No. 12A, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat
Telpon : 021 31937835, 085697082161
Jam buka : Senin - Minggu (10.00 - 21.00)
Harga : Mulai dari Rp24.000

5. Suisse Bakery


Penampilan toko roti Suisse Bakery setelah direnovasi.


Toko roti yang sudah hadir sejak tahun 1978 ini masih eksis hingga sekrang. Dalam dekorasi yang tergolong lawas, Anda bisa menemukan puluhan varian roti dan kue yang memikat dan lezat. Cicipi risol roguet ayam maupun roti daging sapi yang rasanya gurih. Roti cokelat dan keju panjang yang klasik juga jangan lupa untuk dinikmati. Suissee juga menjual aneka kue tar dekoratif dalam tiga pilihan rasa, vanila, cokelat, dan moka.

Kelezatan danish buah selalu diincar para pembeli.


Terletak di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Barat, membuat toko roti mudah dijumpai beraneka roti dipajang di meja untuk diperjualkan. Semua roti tersebut langsung dibuat ditempat loh bahkan kita juga bisa melihat proses pembuatannya langsung di belakang meja saji meskioun sudah di renovasi menjadi lebih modern kita masih bisa merasakan kesan jadul dari tokoroti ini melalui dekorasi toko. Kebersihan tempat juga sangat dijamin dan pendingin fuangan menambah kenyaman pengunjung untuk berbelanja.

Alamat : Jl. Hayam Wuruk Blok A No. 6 - 8, Hayam Wuruk, Jakarta Pusat
Telpon : 021 6393409
Jam buka : Senin - Minggu (07:00 - 22:30)
Harga : Mulai dari Rp8.000

Peliput, Penulis dan fotografi : Naura Qotrunnada M
Penyunting : Nurnafisah

Tidak ada komentar:

Cool Yellow Pointer Glitter

@way2themes

New Year Coloful Party Ballons