Festival Kuliner Vegan Nusantara - SERASI

Sabtu, 24 Maret 2018

Festival Kuliner Vegan Nusantara


JakartaSerasiIVS (Indonesia Vegetarian Society) berkolaborasi dengan Central Park Mall, menyelenggarakan “Earth Day Vegan Festival”. Acara yang berlangsung dari tanggal 23 Maret 2018 (Jumat) hingga 25 Maret 2018 (Minggu). 

Diisi dengan Festival Kuliner Vegan Nusantara, ada berbagai acara menarik seperti Green Speech Competition, Fashion Show dengan material dasar barang bekas, Parenting & Vegan Talk Show oleh Kak Seto, Flash Mob oleh INLA (International Nature Loving Association), serta Art Performance dan Entertainment. Puncak Acara berupa pemadaman listrik selama 1 jam pada Sabtu malam, 24 Maret 2018.

Acara tersebut menggelar gerai yang menjual makanan dan minuman kesehatan.

Banyak sekali para penjual makanan vegetarian yang membuka gerai di Taman Tribeka Central Park Mall, Jakarta Barat. Selain bazar makanan vegetarian acara ini juga di isi dengan kegiatan lain. Salah satunya adalah fashion show dengan material barang bekas. Peserta peragaan busana dibagi menjadi dua golongan yaitu untuk anak-anak yang diikuti peserta berusia 3-12 tahun dan dewasa berusia 13-30 tahun. 

Tidak seperti peragaan busana pada umumnya, peragaan busana ini memamerkan pakaian yang terbuat dari limbah buangan seperti plastik, botol sekali pakai, kardus, dll. Para peserta membuat sendiri gaun yang akan mereka peragakan di panggung dan nantinya akan dinilai oleh juri. 

"Fashion Show barang bekas ini salah satu cara kita untuk membuat masyarakat sadar kalau limbah plastik juga bisa di daur ulang jadi bisa mengurangi keberadaan limbah yang saat ini sudah banyak sekali di lingkungan sekitar kita selain itu juga untuk menyalamatkan bumi kita," ujar Yeslin, salah satu anggota IVS.

Pemenang peragaan busana akan mendapat hadiah berupa uang tunai. Selain itu, masyarakat juga bisa ikut menyumbangkan suaranya untuk memilih pemenang peragaan busana tersebut dengan cara mendonasikan Rp20.000 per surat suara. Uang donasi dari penjualan surat suara akan disalurkan kepada masyarakat kurang mampu oleh IVS & VSI Charity.


Pertunjukan baju daur ulang di panggung festival kuliner vegan nusantara.

IVS (Indonesia Vegetarian Society) adalah organisasi vegetarian Indonesia yang bersifat nirlaba, yang berdiri di Jakarta pada tanggal 8 Agustus 1998. IVS telah terdaftar menjadi anggota International Vegetarian Union sejak tahun 1999. IVS didirikan dengan tujuan sebagai organisasi untuk Menyebarluaskan informasi seputar kehidupan vegetarian di Indonesia dan mengembangkan cinta kasih universal dan menyelamatkan kehidupan dunia melalui vegetarianisme.

Dalam misinya untuk mengenalkan kepada masyakarat mengenai vegetarian, IVS mengadakan berbagai kegiatan yang meliputi : Seminar vegetarian yang menghadirkan para pembicara mulai dari ahli gizi, dokter hingga para rohaniawan, festival dan demo masak yang memperkenalkan resep-resep masakan vegetarian, konsultasi seputar kehidupan vegetarian, dan donor darah dan kegiatan sosial.

IVS terbuka untuk semua lapisan dan golongan. Dengan menjadi anggota IVS berarti kita telah turut berpartisipasi dalam menyebarluaskan vegetarianisme, selain itu anggota IVS juga akan mendapatkan buku panduan yang berisi informasi seputar vegetarianisme, kartu anggota IVS yang dapat digunakan untuk mendapatkan diskon khusus di tempat-tempat yang menjadi mitra IVS, Kesempatan untuk berkonsultasi dengan staff ahli IVS secara gratis mengenai segala hal yang berhubungan dengan vegatarianis, dan kesempatan untuk berbagi pengalaman dan informasi seputar vegetarian melalui mailing list IVS.

Peliput, Penulis, dan Fotografi : Naura Qotrunnada M
Penyunting : Nurnafisah

Tidak ada komentar:

Cool Yellow Pointer Glitter

@way2themes

New Year Coloful Party Ballons